Rabu, 14 Desember 2011

Cara Gulung Ulang Kipas Angin

Postingan ini saya buat karena banyak masuk ke email saya permintaan teknik gulung ulang kipas angin, berikut ini saya jelaskan secara sederhanya bagaimana cara menggulung ulang kipas angin.

MENGGULUNG ULANG KUMPARAN
KIPAS ANGIN
            Untuk menggulung ulang kipas angin yang telah rusak atau terbakar sebenarnya tidaklah terlalu sulit, asalkan sudah tau caranya,
Cuma memakan waktu kira-kira dua jam bagi yang udah biasa.
            Ya udah kita mulai aja,  nanti malah lama siapnya...he..he.
            Pertama tentu kita siapkan alat-alat yang diperlukan untuk menggulung ulang kumparan kipas angin terebut yaitu :
1.      Micro meter, guna untuk mengukur diameter kawat spul, biasanya kipas angin yang dipakai untuk rumah tangga berukuran 0,15mm.atau 0,18mm
2.      Multitester, untuk mencek kawat kalau ada yang putus.
3.      Kawat Spul 0,15mm
4.      Prespan Mika 0,12 dan 0,15, untuk isolasi.
5.      Hand sakle electrik  wind thread machine, untuk menggulung kawat.
6.      Serta peralatan lain yang dibutuhkan, seperti kunci-kunci.


Pertama keluarkan kawat yang rusak dari tran kipas angin yang rusak seperti gambar diatas, potong menggunakan tang potong, jika isolatornya rusak ganti dengan yang baru, seperti dibawah ini



Setelah selesai Isolasinya semua/pemasangan prespan mika, kita ukur lebar dan lingkar tran kipas tersebut seperti dibawah ini, guna untuk membuat ukuran, atau besar lingkar kawat yang akan di gulung:

Selanjutnya kita buat ukuran cetakan kawat sesuai dengan panjang dan lebar yang telah dibuat tadi pada triplek yang telah disediakan sesuai ukuran dengan ukuran yang telah didapat tadi, seperti dibawah ini :
Selanjutnya


Selanjutnya kita mulai menggulung, dimulai dari anggka nol pada thread machine, sampai 900 lilitan, dan dibuat sebanyak 4x ,tanpa terputus, seperti gambar dibawah ini, karena rata-rata kipas angin menggunakan lilitan sebanyak itu.


Selanjutnya kita buat lagi gulungan untuk putaran 1,2,3,nya karena kipas angin rata-rata mempunyai 3 kecepatan, Pertama kita buat gulungan sebanyak 500 putaran dibuat sebanyak 4x seperti yang pertama tadi, dibuat pembatas dengan lidi yang telah disediakan agar tidak bergabung antara gulungan 1 dan 2 , selanjutnya gulungan tersebut ditimpa atau digulung lagi dengan menggunakan dua kawat sekaligus, gulungan ini sebanyak 200 gulungan, jadi total gulungan ini sama panjang dengan gulungan yang pertama tadi yaitu 900 lilitan (500+200+200)(kawat yang kumparannya 500 ditandai pakai isolasi agar pada saat penyambunngannya tidak salah) Seperti gambar dibawah ini :
 Gulungan dibawah ini gulungan ke dua dan 3 dengan memakai dua kawat sekaligus biar gulungnya cepat, nggak 2x kerja...
 Sekarang kita mulai cara memasuk kan kawat yang pertama (kawatyang dobel 3) kedalam tran kipas angin seperti dibawah ini :
Posisikan kawat sesuai alur/gambar dibawah ini, jangan sampai terbalik.jika terbalik kipas angin tidak akan berputar.

 Untuk pemasangan gulungan kawat yang kedua/gulungan starting, masukkan diantara ujung kawat yang pertama tadi/gulunga running. seperti gambar dibawah ini.
 Ada pertanyaan nggak sampai disini...ya kalo nggak ada kita lanjut.
Sekarang kita sambung ujung-ujung kawat, sebelumnya ujung kawat kita bakar sedikit untuk membuka email atau pembungkus kawat, 
Berikut ini cara bikin sambungannya :
Kawat yang dobel 3 kita kasih nama a, b, c, aja (a=200 kumparan, b=200 kumparan, c=500 kumparan) dan kawat yang tunggal kita kasih nama x (900 kumparan), supaya mudah untuk menyambungnya,
Kumparan yang dobel 3 tentu mempunyai ujung sebanyak 6 ujung, yakni a,a1, b, b1,c dan c1 dan yang 1 kumparan 2 ujung yakni x dan x1.
Ujung x digabung dengan ujung a1, ujung b1 digabung dengan a, ujung b digabung dengan ujung c1, sehingga sekarang ujung kawat menjadi sebanyak 5 ujung. Seperti dibawah ini :

 Ujung x1 digunakan untuk api masuk ujung x yang telah digabung dengan a1 menjadi ujung kecepatan no.1, ujung b1 yang telah digabung dengan a, menjadi kecepatan no.2, ujung b1 yang telah digabung dengan c menjadi kecepatan no.3,
Untuk ujung c digunakan untuk kapasitor, pemasangan kapasitor yakni ujung c dan ujung x1. Untuk api masuk sebaiknya dipasang pengaman termostat 1amp.
Setelah selesai disambung dan di solder ujung-ujungnya dibungkus dengan selonsong yang telah disediakan seperti dibawah ini:
Selanjutnya
 Selanjutnya gulungan tersebut diikat seperti dibawah ini :
Setelah selesai diikat gulungan tersebut dikasih vernis untuk membantu mengurangi panas, dan juga membantu supaya gulungan tidak goyang, seperti dibawah ini.
Sekarang kita tunggu kering dan selanjutnya kita pasang seperti semula.
Selamat mencoba...jika ada masalah dapat diutarakan di komentar.
Semoga sukses.

137 komentar:

  1. Terima kasih, artikelnya sangat menarik. Tapi saya masih agak bingung, maklum belum pernah nyoba, tapi saya pingin bisa. Mungkin kalau langsung praktek baru ngerti.

    Mau nanya sedikit:
    1. Celah pada tran kan cukup sempit. Gimana menyelipkan gulungan kawat ke dalam celah tsb, apakah dimasukkan sedikit demi sedikit?
    2. Di mana beli alat penggulung kawat tsb.
    3. Kalau misalnya kawat yang putus kelihatan dari luar, apakah bisa/boleh disolder (disambung) langsung tanpa membongkar gulungannya? Apakah akan menimbulkan masalah nantinya?
    4. Biasanya berapa rata-rata ongkos gulung ulang motor seperti di atas?

    Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas kalo mau memperbaiki gulungan kipas angin yg sudah kebakar/putus, dimana yaa mas, untuk daerah semarang trimakasih

      Hapus
    2. Mesin pengulung dakhwat wayar itu boleh beli di mana kedai

      Hapus
  2. Jawab:
    1. Memang dimasukkan sedikit demi sedikit, jangan buru2, masukkan dengan rapi.
    2.Alat Penggulung kawat dapat di beli di toko Teknik yg kusus menjual alat2 dinamo.
    3.Kalau ada kawat yang putus boleh disolder dari luar tanpa membongkar gulungannya,dan di kasih selonsong.
    4.Ongkos gulung ulang utuk kipas angain rumah tangga (50/60 wat) berkisar antara 70 s/80 ribu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak ilmu nya..
      Semoga bermanfaat, امين

      Hapus
    2. 70- 80 sama aja beli dinamo baru

      Hapus
    3. kalo dinamo baru mmng bahkan lebih murah 50k s/d 70k mas, tapi coba ukur berat spulny yg bru satu set sama gulung ulang kyk gini, pasti lbih berat yg glung ulang kyk gini. intiny wajar dinamo baru yg ad di pasaran murah, kawatny bukan tembaga, kawat alumunium. yg kualitasnya rendah mas, krng tahan panas.

      Hapus
  3. wah makasih mas artikelnya sangat berguna ijin sedot ya mas ilmunya

    BalasHapus
  4. untuk lilitan yang 200 diputus apa enggak pak??

    jawab ya ...
    terima kasih??

    BalasHapus
  5. Lam kenal mas....

    Pengen ikut bejar nie,
    kalo untuk kapacitor standar nya yg ukuran berapa ya,

    makasih atas pencerahan dan ilmunya,

    rohman lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapasitor kipas angin 1,5 Uf....ada yang 2uf...ada yg 1uf..

      Hapus
  6. Lam kenal mas
    aku mau tanya nih kenapa 0,15mm dan 0,18mm diameter kawatnya lebih kecil dari kawat berdiameter 0,6mm dan 0,8mm apakah semakin besar nilainya semakin kecil pula ukurarannya mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kawat berdiameter 0,6 itu artinya sama dengan 0,60 dan 0,8 sama dengan 0,80....tentu saja 0,60 lebih besar dari 0,15

      ukuran kawat dalam melimeter ;

      1 = 1mm
      o,50 = 1/2 mm
      0,25 = 1/4 mm
      0,75 = 3/4 mm

      Hapus
  7. Sya masih bingung dg cara nyambung ujung ujungnya.
    Itu ada 4 gulungan yg semuanya nyambung kan?
    Jadi ada 8 gulungan dan ujung ujungnya ada 4 kan?
    Cara nyambungnya yg detail dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada gambar skemanya. cukup jelas lihat di http://hobbytehkniselektronika.blogspot.com/2011/08/cara-menggulung-dinamo-kipas-angin.html

      Hapus
  8. beberapa kali saya membuat gulungan kipas angin berbagai merk, walau isinya beda dikit (tebal tran dan diameter tran) tapi menggunakan kawat dgn diameter yg sama (seperti aslinya) yaitu 0,1 mm . saya buat gulungan sebanyak 1200 lilitan apa itu kebanyakan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. no. kawat 0,1, mungkin terlalu kecil....mungkin yang dimaksud 0.12, kalau 1.200 itu kebanyakan, cukup 900 aja..

      Hapus
  9. salam kenal. kalo boleh tahu skema kipas meja yang kecil 2 kecepatan ada ga. soalnya model dinamonya beda. makasih banyak mas.

    BalasHapus
  10. Mas bisa minta skema cara menyambung ujung2 nya g,soal nya saya masih bingung ni,terima kasih mas.

    BalasHapus
  11. Tolong mas dibuatin schema cara penyambungan nya,saya masih bingung mas.thanks

    BalasHapus
  12. minta skema di vidioin dari proses awal detail biar kita belajar ya bos ini masih bingung lilitan awal 500.....kedua 200 di dabel terus ujung kawat dan arah putaran lilitan kalau kita tidak mempunyai alat nya kaya mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar diatas sudah cukup jelas...coba perhatikan secara seksama...tks

      Hapus
  13. bismillah asslamualaikum..mas bro Afrizel..salam kenal ya Uda..(Padang kan?)
    saya Joni ,wah itu tanggaal postingannya pas ulatng tahun saya yg ke 49 tahun, jadi saya ini suah tua mas Bro.., tapi selalu ingin belajar apa saja, termasuk mbetulin elektronik,syukur malah bisa untuk mncari nafkah..amiin
    sebelumnya trimakasih jazakillah walhamdulillah ilmu2nya masbro
    maaf bertanya ya Uda..
    1. mengapa gambar skema gulungan lurus...tapi kok foto tran kipas anginnya melingkar , ini membuat bingung saya..tolong yang riil yang melingkar...kan? jadi skema itu kurang tepat?? atau Uda bisa kirim skema gambar lagi yg melingkar?
    2. berapa keuntungan dari membeli kawat spul dan sepan mika juga alat gulung tsb jika dipakai bisnis untuk dibandingkan dengan menggulung satu gulungan dinamo kipas angin?? maksud saya harga semau material dan alat..butuh berapa? dan biasanya keuntungan dari harga 70-80 ribu , itu bisa keuntungan netto untuk disimpen di dompet berapa?
    jazakilllah wa syukurillah alhamdulillah
    trims Uda...semoga ALLAh mengganti ilmu uda dg yang lebih baik amiiin..wasslam Joni Trismanto

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Skema memang sengaja dibuat datar, biar alurnya nampak jelas, pada fhoto diatas sudah jelas jarak antara lobang tempat memasukkan kawat spul, kalau dibuat melingkar nanti tambah bingung.
      2.Harga semua material untuk menggulung ulang kipas angin standar Rumah tangga merk Maspion kira-kira :
      Kawat spul 2 ons = Rp.25.000,
      Prespan mika = Rp. 500
      Pernis = Rp.500
      Benang pengikat = Rp.500
      Semua kira-kira Rp.30.000

      Kalau di tempat saya di Perawang ( Pekanbaru ) ongkos gulung ulang kipas angin Rp. 80.000, jadi keuntungan kira-kira Rp.50.000

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Lilitan 200 berapa banyak gan..
    Ukuran kawat setiap gulungan harus sama ya gan, misal lilitan 900 pakai kawat 0.18 lilitan 500 pakai kawat 0.15 dan lilitan 200 pakai kawat 0.12 itu nasib dinamo bagaimana gan..
    Mohon bantuannya gan..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap gulungan harus sama...tks
      saya belum coba dengan kawat yang berbeda.

      Hapus
  16. thaks info sangat bermanfaat ntr gua coba dulu low gagal mohon di bantu ya mas trims

    BalasHapus
  17. Jumlh gulungannya brp y smua nya

    BalasHapus
  18. mau nanya boss
    kawat yang pertama (kawatyang dobel 3) kedalam tran kipas angin
    kawat yg mana ya boss..
    maaf boss masih pemula blm paham bener..
    terima kasih....

    BalasHapus
  19. Permisi Gan http://WeeklyYouthPay.com/?ref=483429, makasih bnyk.

    BalasHapus
  20. Mau tanya bos gulungan yang pertama kan 900lilitan nah jumlah itu apa setiap gulungan apa jumlah semua keempat gulungan
    Maklum masih belajar

    BalasHapus
  21. Makasih infonya ya.mohon ijin untuk share gan:

    BalasHapus
  22. salam @ pak Afrizel Zel saya masih bingung yg nyambung utk speed 3,kok b1 di gabung 2 kali pak ,bukannya b1 sdh di gabung dng a ,utk sfeed 2 pak mohon penjelasannya,,,trimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  23. Salam kenal Mas Afrizal,Boleh bantu saya cara mencari jumlah lilitan Low,Medium,High pada dinamo motor indoor AC 500 watt,

    BalasHapus
  24. Kalau seret apa solusinya gan,,,?
    Thx

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. pengamannya bukan termostat pak tapi TERMAL_FUSE..

    BalasHapus
  27. kalau mau kursus di mana mas alamatnya ...? tlng alamat nya sms saya di 081317606418....di tunggu sms nya
    terima kasih

    BalasHapus
  28. Rumus menghitung lilitan gmn yah? Kalau seandainya pada kiren ga ada kawat email nya lg, kan bingung jg kl ga tau....skalian menghitung pemakaian kapasitor nya kan ada pengalian rumus nya jg tuh...jawab yah!!!! Jawab yah!!! Ntr kl ada yg bisa jawab w kasi sribu ckck

    BalasHapus
  29. maaf mas mau nanya kawat yang digunakan buat stater sama tidak ama kawat yang untuk kecepetan 1.2 dan 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua ukuran kawat yg digunakan sama besar

      Hapus
  30. Saya pemula bos,nimbrung belajar yg d maksud 900lilitan itu apakh 900x putaran dr titik awal ke titik awal =1x putaran,mohon pencerahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu kali lingkaran = satu x lilitan..... Jd 900 x berputar untuk mendapatkan 900 lilitan

      Hapus
  31. sangat berguna info y, pengen nyoba juga ah

    BalasHapus
  32. Maaf mau numpang tanya,saya mau tanya gimana ya caranya membuat kumparan pada mesin aerator,lilitan kawatanya itu putus,dan rencana mau buat gulungan baru,trim s.

    BalasHapus
  33. selamat malam mas Bro. saya blm pernah gulung dinamo tapi pingin belajar gulung, sebab saya sering gulung dinamo msn cuci ke tukang gulung dinamo. yg saya mau tanyakan, kalo utk awal, supaya mudah belajarnya, saya mau coba gulung dinamo yg hanya satu speed. itu aja gimana caranya.

    BalasHapus
  34. Makasih gan....bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  35. bang,cara menyambung gulungan dinamo atau spul yang putus gimana ya? kipas nya gak mutar karna kawat spul nya ada yg putus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakar ujung kedua ujung yg mau disambung dengan korek api sebentar saja untuk mengupas emailnya, masukkan slonsong isolasi kemudian sambung dengan solder

      Hapus
  36. Permisi pak,apa gulungan kipas ac split bisa sama digulungan yang sama seperti gulungan maspion?jika tidak berapa lilitan,ukuran kawat dan jumlah lilitanya?

    BalasHapus
  37. Assalamu'alaikum
    Salam kenal, akang boleh bertanya dong,
    1. gulungan yang pertama yang jumblahnya 900, apakah di namakan gulungan starter?
    2. gulungan apakah, yang terpasang di bagia luar tran-nya?
    atau yang mana saja boleh?

    makasih ilmunya sangat bermanfaat
    semoga tambah sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu adalah gulungan utama.... Yg pertama di pasang pada kren dengan jumlah 900 x 4 lilitan

      Hapus
  38. Ada yg nggk ngerti nih bang..gulungan yg jumlahnya 500+200+200, yg mau sy tanya gulungan yg 200 dimana tempat masangnya,klo yg 900 kan di gulung sbyk 4 kali,yg 500-4 kali juga terus yg 200 gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gulungan starter (500+200+200---4x digabungkan) dikeren boleh di pasang disisi dalam atau sisi luar, klo sy biasanya pasang disisi dalam. Semoga membantu

      Hapus
  39. Terima kasih bang,,,utk teorinya alhamdulillah udah ngerti skrg tinggal prakteknya. Minta restunya bang

    BalasHapus
  40. Maaf mas sebelumnya jd bingung sy Mau tanya mas keterangan diatas ujung b digabung dengan c1 sedangkan dibawahnya lagi keterangan ujung b1 yang telah digabung dengan c menjadi kecepatan no.3,sedangkan c dan x1 untuk kapasitor mas mohon petunujuknya..??
    Sebelumnya terima kasih..

    BalasHapus
  41. Wayar gulung putus boleh sambung x? Tolong saya

    BalasHapus
  42. Wayar gulung putus boleh sambung x? Tolong saya

    BalasHapus
  43. Wayar gulung putus boleh sambung x? Tolong saya.

    BalasHapus
  44. Wayar gulung putus boleh sambung x? Tolong saya.

    BalasHapus
  45. Pagi gan,mau nanya ada kual buku panduannya gak gan?

    BalasHapus
  46. Motifasi buat rekan2 semua.

    terus terang sangat membingungkan, tp sobat yng pengin bisa jangan menyerah.
    saya belajar otodidak dlm urusan gulung bergulung tp krna tekad yng kuat "HARUS BISA!!!" sya beranikan diri untk membongkar semua lilitan, & setiap langkah saya tulis dngn sekema seadanya mnrt saya.
    jdi buat tmn2 yng pngn bisa jangan ragu untk membongkar sendiri dgn catatan kita perhatikan, catat/ foto urutanya, setelah itu kita coba lilit sendiri & pemasanganya tggal kita ikuti langkah2 yg sudah kita catat tadi.
    "bnyk bertanya terkadang membuat diri mnjdi smkin minder tetapi dngan bnyk mencoba akan membuat diri semakin pinter".
    Saya yakin semua pasti bisa kl sudah coba.

    Salam cah PBG.

    BalasHapus
  47. Mohon maaf saya numpang ngopi buat bealajar, karena meskipun saya udah banyak usianya saya masih pingin belajar banyak ilmu. Terima kasih banyak ilmunya semoga Allah yang memberikan balasan kebaikan anda!!!

    BalasHapus
  48. sangat informatif bos.. sangat bermanfaat .. mohon info tambahan Senapan Angin Gejluk  Harga Berapa ?

    BalasHapus
  49. Pak afrizel jadi berpa sepul yg perlu di sediakan pak..

    BalasHapus
  50. Pak mw nanyak jd total kselurahan ad brp li2tan ???mf lg mw blajar

    BalasHapus
  51. Pak mw nanyak jd total kselurahan ad brp li2tan ???mf lg mw blajar

    BalasHapus
  52. Pak mw nanyak jd total kselurahan ad brp li2tan ???mf lg mw blajar

    BalasHapus
  53. Pngen blajar gulung rotor blender, ajarin pak

    BalasHapus
  54. bagaimana bisa menentukan jumlah lilitanny mas

    BalasHapus
  55. kalau gulung dinamo kipas yang bentuk kotak(dinamonya)kipas kecil jumlah gulungannya berapa untuk speed 1 dan 2 ? minta sedikit tutorialnya mas..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gampang pak searah putaran aja kayak sepul cdi..mutar..sampai kira" sepempat kasih kabel untuk no 1 putar lagi sampai tampat sepul habis untuk nomer dua..bila itu sih gampang..saya biasa sepul pakai tangan aja..😆😆😆😅😅

      Hapus
  56. Makasih mas.. tapi aku mau tanya.. kalau dinamo filter udara ruangan berbunyi itu kenapa ya mas..?? Apa karna spulnya.?

    BalasHapus
  57. mas bro tutorial cara nyepol pengering mas bro sma rumusnya ya,mohon balassannya

    BalasHapus
  58. mas bro tutorial cara nyepol pengering mas bro sma rumusnya ya,mohon balassannya

    BalasHapus
  59. Mas mau nanyak ni boleh kan...untuk arah.memasuk kan kawatnya dalm kran.pertama searah jarum jam kedua sebaliknya.trus 3 dan 4.gimana.itu jawat yang gulungan 900kan..trus untuk yang selanjutnya.kawat 500..kawat 200 +kawat 200..kemana arah posisinya..mohon bantuanya mas..ya

    BalasHapus
  60. mas mau tanya..jumlah titik a,b,c knapa tidak sama jumlah kumparannya sedangkan cara melilitnya disatukan..terima kasih

    BalasHapus
  61. Mas afrizal..
    Salam ya..
    Saya cume nak tanye
    Api masuk yaitu.. Positiv
    Sdngksn yg. Negativ nak sambung lilitan yg mana satu..
    Plis respon...

    BalasHapus
  62. slmt sore,,bisa ikut kursus buat gulung dinamo ngk y bos? mksh

    BalasHapus
  63. bos saya mau kursus langsung bisa ngk ya bos

    BalasHapus
  64. Mas zel,posisi kumparan yang 900 dsisi luar atau di dalam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa disisi dalam ato sisi luar, kebanyakan lilitan 900 disisi luar

      Hapus
  65. mas itu yang dimasukin pertama, gulunan utama atau gulungan speed.
    klo kawat 0.18mm di ganti 0.20mm buat semua gulungan, gi mana mas?

    BalasHapus
  66. Boss boss gulung dinamo 20 PK

    BalasHapus
  67. Kalo pake vernist kayu bisa gak ya,master.....???

    BalasHapus
  68. Sya kurang ngerti soal penyambungan dari ABC tersebut. Karena tidak di kasih lambang sperti brikut
    (a,b,c,a1,b1,c1,x,x1)

    Nah itukn ada ambungn kbel yg ber macam warna. Nahh warna merah itu sambungn yg mna ? (a,b,c,a1,b1 apa yg lainnya?)

    BalasHapus
  69. Mas kalo nge lilit kompresor kulkas sama tidak caranya?

    BalasHapus
  70. Mau nanya gan itu tempat buat menggulung kawat apa ya namanya

    BalasHapus
  71. mas klo kabelnya terputus bearti rusak ya? ga bisa di pake lgi ya.. kipas saya putus ga sengaja lilitan. rencana saya mau di solder aja tpi masi ragu.. blom pernah nemu orang solder lilitan dinamo.. haahaaa.. terima kasih...

    BalasHapus
  72. Trima ksh gan infonya sy langsung faham pdhl sdh lama sy pengen bisa... cuma maaf gan kayaknya yg buat putaran 3 itu b di gabung sm c1 kan b1 sdh di gabung sm a maaf ya gan apa benar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju gan dalam pemikiran saya,yang salah infonya atau pemikiran saya yg kurang mengerti,masalah cara penyambungan di speed no 3

      Hapus
  73. mantap bos artikelnya banyak membantu para pemula,cuma saya ada kipas lain bos,alurnya cuma 8 mana yg starting dan mana yg kumprn utama bos?

    BalasHapus
  74. Blog yg sangat bagus dan bermanfaat bos...masih ilmunya

    BalasHapus
  75. I really like this article and very nice thanks.
    bandar togel

    BalasHapus
  76. Mas... Gimana kalau kern 24 alur. Mohon shere skema jumlah lilitan...
    Terimakasih

    BalasHapus
  77. Boleh minta emailnya mas ato No wa nya.... Buat nanya yg lebih

    BalasHapus
  78. Dg penjelasan spt di atas utk sambungan nol nya di ujung kawat yg mana boz

    BalasHapus
  79. maaf bos itu kecepatan 3 mohon diralat dong. harusnya yg disambung ujung b dan ujung c1.

    BalasHapus
  80. enak mana pakai penggulung jarum atau yang ada angkanya (counter)?

    BalasHapus
  81. Mas tolong .kalau mengulung kipas24 alu gimana

    BalasHapus
  82. Klu 24 alur.pastikan lilitan utama 900lilit x4.selebihnya speed 1_300lilit.speed 2_300 liltan.speed.3_300lilitx4
    Biar syncron awet 8 tahun.capasitor 2uf.selamat mencoba

    BalasHapus
  83. Bila kawat kurang sedik apa bisa di sambung....

    BalasHapus
  84. Skema gulungan Kipas angin Tornado 24 alur gmana??? Mohon gambarnya

    BalasHapus
  85. yg di pasang dulu itu yg buat speed ya gan

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. Cara pasang, apa sama antara gulungan luar dan gulungan dalam seperti gambar di atas..?

    BalasHapus
  89. Alur pemasangan antara lilitan luar dan dalam apakah sama.?

    BalasHapus
  90. Alur pemasangan antara lilitan luar dan dalam apakah sama.?

    BalasHapus
  91. Alur pemasangan antara lilitan luar dan dalam apakah sama.?

    BalasHapus
  92. Itu total ada berapa gulungan ya mas...
    Saya masih bingung dengan gulungan untuk speed nya...speed nya kan ada 3 berarti gulungan speednya 3 gulung ya mas?
    Mohon penerangan terimakasih.

    BalasHapus
  93. Sangat bermanfaat tulisan ini bagi bagi ilmu dan pengalaman tidak membuat anda rugi malah akan bertambah ilmu anda kalau bisa dikirim lagi foto fotonya yg agak jelas dan gambang dilihat dan dipahami

    BalasHapus
  94. Om mw tanya ya
    Gimana cara gulung dinamo kipas angin jepit kecil 😇😇😇
    Pingin bljar.....makasih omm

    BalasHapus
  95. Maap mau tanya..kawat tipis yang tidak terkena slongsongan itu..apa bisa konslet kalo saling sentuh dengan kawat tipis lainnya..😊

    BalasHapus
  96. Untuk gulungn kipas angin apa tidak ada pembatas kumparan sprti pda gululngan pompa air

    BalasHapus
  97. Mau tanya saya punya email 0.18 mm.. Kira kira berapa jumlah lilitan running

    Start dan speednya pak.

    BalasHapus
  98. Mas saya mau tanya,di mana kesalahan saya.sudah seperti gambar di atas,sped 1&2 normal tapi sped 3 kok pelan.harus dibantu mutar

    BalasHapus
  99. om, skdr saran nich. maaf yach, utk awal dijelaskan ketebalan kern dinamony brp mm atau cm nya, trus kasi penjelasan bahwa skema dinamo yang dikasi ini utk kipas angin merk maspion, yg dimana tempat kabel connector , baik kabel setrum pln / api dlm bahasa ente trus kabel speed dan kabel kapasitorny ada di bagian cover depan dinamo. sebaikny juga kasi tambahan info kalo skema ini tidak berlaku bagi setiap dinamp kipas angin ygbkabel speed, setrum dan kapasitor keluarny dari belakang seperti merk miyako dan cosmos. khan lebih enak kalo bgitu, jdi yg belajar ga bingung mas. hehheheh, skali lgi ini hanya saran mas.

    BalasHapus
  100. Mas kalau hasilnya panas apanya yg salah mas mohon bantuanya mas

    BalasHapus
  101. Mau tanya untuk lilitan kawawat berukuran 0,12 untuk dinamo kipas angin
    Dengan lilitan 900,650,150,150,yang di butuhkan berapa ons kawat?

    BalasHapus