Rabu, 14 Desember 2011

Cara Gulung Ulang Kipas Angin

Postingan ini saya buat karena banyak masuk ke email saya permintaan teknik gulung ulang kipas angin, berikut ini saya jelaskan secara sederhanya bagaimana cara menggulung ulang kipas angin.

MENGGULUNG ULANG KUMPARAN
KIPAS ANGIN
            Untuk menggulung ulang kipas angin yang telah rusak atau terbakar sebenarnya tidaklah terlalu sulit, asalkan sudah tau caranya,
Cuma memakan waktu kira-kira dua jam bagi yang udah biasa.
            Ya udah kita mulai aja,  nanti malah lama siapnya...he..he.
            Pertama tentu kita siapkan alat-alat yang diperlukan untuk menggulung ulang kumparan kipas angin terebut yaitu :
1.      Micro meter, guna untuk mengukur diameter kawat spul, biasanya kipas angin yang dipakai untuk rumah tangga berukuran 0,15mm.atau 0,18mm
2.      Multitester, untuk mencek kawat kalau ada yang putus.
3.      Kawat Spul 0,15mm
4.      Prespan Mika 0,12 dan 0,15, untuk isolasi.
5.      Hand sakle electrik  wind thread machine, untuk menggulung kawat.
6.      Serta peralatan lain yang dibutuhkan, seperti kunci-kunci.


Pertama keluarkan kawat yang rusak dari tran kipas angin yang rusak seperti gambar diatas, potong menggunakan tang potong, jika isolatornya rusak ganti dengan yang baru, seperti dibawah ini



Setelah selesai Isolasinya semua/pemasangan prespan mika, kita ukur lebar dan lingkar tran kipas tersebut seperti dibawah ini, guna untuk membuat ukuran, atau besar lingkar kawat yang akan di gulung:

Selanjutnya kita buat ukuran cetakan kawat sesuai dengan panjang dan lebar yang telah dibuat tadi pada triplek yang telah disediakan sesuai ukuran dengan ukuran yang telah didapat tadi, seperti dibawah ini :
Selanjutnya


Selanjutnya kita mulai menggulung, dimulai dari anggka nol pada thread machine, sampai 900 lilitan, dan dibuat sebanyak 4x ,tanpa terputus, seperti gambar dibawah ini, karena rata-rata kipas angin menggunakan lilitan sebanyak itu.


Selanjutnya kita buat lagi gulungan untuk putaran 1,2,3,nya karena kipas angin rata-rata mempunyai 3 kecepatan, Pertama kita buat gulungan sebanyak 500 putaran dibuat sebanyak 4x seperti yang pertama tadi, dibuat pembatas dengan lidi yang telah disediakan agar tidak bergabung antara gulungan 1 dan 2 , selanjutnya gulungan tersebut ditimpa atau digulung lagi dengan menggunakan dua kawat sekaligus, gulungan ini sebanyak 200 gulungan, jadi total gulungan ini sama panjang dengan gulungan yang pertama tadi yaitu 900 lilitan (500+200+200)(kawat yang kumparannya 500 ditandai pakai isolasi agar pada saat penyambunngannya tidak salah) Seperti gambar dibawah ini :
 Gulungan dibawah ini gulungan ke dua dan 3 dengan memakai dua kawat sekaligus biar gulungnya cepat, nggak 2x kerja...
 Sekarang kita mulai cara memasuk kan kawat yang pertama (kawatyang dobel 3) kedalam tran kipas angin seperti dibawah ini :
Posisikan kawat sesuai alur/gambar dibawah ini, jangan sampai terbalik.jika terbalik kipas angin tidak akan berputar.

 Untuk pemasangan gulungan kawat yang kedua/gulungan starting, masukkan diantara ujung kawat yang pertama tadi/gulunga running. seperti gambar dibawah ini.
 Ada pertanyaan nggak sampai disini...ya kalo nggak ada kita lanjut.
Sekarang kita sambung ujung-ujung kawat, sebelumnya ujung kawat kita bakar sedikit untuk membuka email atau pembungkus kawat, 
Berikut ini cara bikin sambungannya :
Kawat yang dobel 3 kita kasih nama a, b, c, aja (a=200 kumparan, b=200 kumparan, c=500 kumparan) dan kawat yang tunggal kita kasih nama x (900 kumparan), supaya mudah untuk menyambungnya,
Kumparan yang dobel 3 tentu mempunyai ujung sebanyak 6 ujung, yakni a,a1, b, b1,c dan c1 dan yang 1 kumparan 2 ujung yakni x dan x1.
Ujung x digabung dengan ujung a1, ujung b1 digabung dengan a, ujung b digabung dengan ujung c1, sehingga sekarang ujung kawat menjadi sebanyak 5 ujung. Seperti dibawah ini :

 Ujung x1 digunakan untuk api masuk ujung x yang telah digabung dengan a1 menjadi ujung kecepatan no.1, ujung b1 yang telah digabung dengan a, menjadi kecepatan no.2, ujung b1 yang telah digabung dengan c menjadi kecepatan no.3,
Untuk ujung c digunakan untuk kapasitor, pemasangan kapasitor yakni ujung c dan ujung x1. Untuk api masuk sebaiknya dipasang pengaman termostat 1amp.
Setelah selesai disambung dan di solder ujung-ujungnya dibungkus dengan selonsong yang telah disediakan seperti dibawah ini:
Selanjutnya
 Selanjutnya gulungan tersebut diikat seperti dibawah ini :
Setelah selesai diikat gulungan tersebut dikasih vernis untuk membantu mengurangi panas, dan juga membantu supaya gulungan tidak goyang, seperti dibawah ini.
Sekarang kita tunggu kering dan selanjutnya kita pasang seperti semula.
Selamat mencoba...jika ada masalah dapat diutarakan di komentar.
Semoga sukses.

29 komentar:

  1. Terima kasih, artikelnya sangat menarik. Tapi saya masih agak bingung, maklum belum pernah nyoba, tapi saya pingin bisa. Mungkin kalau langsung praktek baru ngerti.

    Mau nanya sedikit:
    1. Celah pada tran kan cukup sempit. Gimana menyelipkan gulungan kawat ke dalam celah tsb, apakah dimasukkan sedikit demi sedikit?
    2. Di mana beli alat penggulung kawat tsb.
    3. Kalau misalnya kawat yang putus kelihatan dari luar, apakah bisa/boleh disolder (disambung) langsung tanpa membongkar gulungannya? Apakah akan menimbulkan masalah nantinya?
    4. Biasanya berapa rata-rata ongkos gulung ulang motor seperti di atas?

    Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  2. Jawab:
    1. Memang dimasukkan sedikit demi sedikit, jangan buru2, masukkan dengan rapi.
    2.Alat Penggulung kawat dapat di beli di toko Teknik yg kusus menjual alat2 dinamo.
    3.Kalau ada kawat yang putus boleh disolder dari luar tanpa membongkar gulungannya,dan di kasih selonsong.
    4.Ongkos gulung ulang utuk kipas angain rumah tangga (50/60 wat) berkisar antara 70 s/80 ribu.

    BalasHapus
  3. wah makasih mas artikelnya sangat berguna ijin sedot ya mas ilmunya

    BalasHapus
  4. untuk lilitan yang 200 diputus apa enggak pak??

    jawab ya ...
    terima kasih??

    BalasHapus
  5. Lam kenal mas....

    Pengen ikut bejar nie,
    kalo untuk kapacitor standar nya yg ukuran berapa ya,

    makasih atas pencerahan dan ilmunya,

    rohman lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapasitor kipas angin 1,5 Uf....ada yang 2uf...ada yg 1uf..

      Hapus
  6. Lam kenal mas
    aku mau tanya nih kenapa 0,15mm dan 0,18mm diameter kawatnya lebih kecil dari kawat berdiameter 0,6mm dan 0,8mm apakah semakin besar nilainya semakin kecil pula ukurarannya mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kawat berdiameter 0,6 itu artinya sama dengan 0,60 dan 0,8 sama dengan 0,80....tentu saja 0,60 lebih besar dari 0,15

      ukuran kawat dalam melimeter ;

      1 = 1mm
      o,50 = 1/2 mm
      0,25 = 1/4 mm
      0,75 = 3/4 mm

      Hapus
  7. Sya masih bingung dg cara nyambung ujung ujungnya.
    Itu ada 4 gulungan yg semuanya nyambung kan?
    Jadi ada 8 gulungan dan ujung ujungnya ada 4 kan?
    Cara nyambungnya yg detail dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada gambar skemanya. cukup jelas lihat di http://hobbytehkniselektronika.blogspot.com/2011/08/cara-menggulung-dinamo-kipas-angin.html

      Hapus
  8. beberapa kali saya membuat gulungan kipas angin berbagai merk, walau isinya beda dikit (tebal tran dan diameter tran) tapi menggunakan kawat dgn diameter yg sama (seperti aslinya) yaitu 0,1 mm . saya buat gulungan sebanyak 1200 lilitan apa itu kebanyakan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. no. kawat 0,1, mungkin terlalu kecil....mungkin yang dimaksud 0.12, kalau 1.200 itu kebanyakan, cukup 900 aja..

      Hapus
  9. salam kenal. kalo boleh tahu skema kipas meja yang kecil 2 kecepatan ada ga. soalnya model dinamonya beda. makasih banyak mas.

    BalasHapus
  10. Mas bisa minta skema cara menyambung ujung2 nya g,soal nya saya masih bingung ni,terima kasih mas.

    BalasHapus
  11. Tolong mas dibuatin schema cara penyambungan nya,saya masih bingung mas.thanks

    BalasHapus
  12. minta skema di vidioin dari proses awal detail biar kita belajar ya bos ini masih bingung lilitan awal 500.....kedua 200 di dabel terus ujung kawat dan arah putaran lilitan kalau kita tidak mempunyai alat nya kaya mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar diatas sudah cukup jelas...coba perhatikan secara seksama...tks

      Hapus
  13. bismillah asslamualaikum..mas bro Afrizel..salam kenal ya Uda..(Padang kan?)
    saya Joni ,wah itu tanggaal postingannya pas ulatng tahun saya yg ke 49 tahun, jadi saya ini suah tua mas Bro.., tapi selalu ingin belajar apa saja, termasuk mbetulin elektronik,syukur malah bisa untuk mncari nafkah..amiin
    sebelumnya trimakasih jazakillah walhamdulillah ilmu2nya masbro
    maaf bertanya ya Uda..
    1. mengapa gambar skema gulungan lurus...tapi kok foto tran kipas anginnya melingkar , ini membuat bingung saya..tolong yang riil yang melingkar...kan? jadi skema itu kurang tepat?? atau Uda bisa kirim skema gambar lagi yg melingkar?
    2. berapa keuntungan dari membeli kawat spul dan sepan mika juga alat gulung tsb jika dipakai bisnis untuk dibandingkan dengan menggulung satu gulungan dinamo kipas angin?? maksud saya harga semau material dan alat..butuh berapa? dan biasanya keuntungan dari harga 70-80 ribu , itu bisa keuntungan netto untuk disimpen di dompet berapa?
    jazakilllah wa syukurillah alhamdulillah
    trims Uda...semoga ALLAh mengganti ilmu uda dg yang lebih baik amiiin..wasslam Joni Trismanto

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Skema memang sengaja dibuat datar, biar alurnya nampak jelas, pada fhoto diatas sudah jelas jarak antara lobang tempat memasukkan kawat spul, kalau dibuat melingkar nanti tambah bingung.
      2.Harga semua material untuk menggulung ulang kipas angin standar Rumah tangga merk Maspion kira-kira :
      Kawat spul 2 ons = Rp.25.000,
      Prespan mika = Rp. 500
      Pernis = Rp.500
      Benang pengikat = Rp.500
      Semua kira-kira Rp.30.000

      Kalau di tempat saya di Perawang ( Pekanbaru ) ongkos gulung ulang kipas angin Rp. 80.000, jadi keuntungan kira-kira Rp.50.000

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Lilitan 200 berapa banyak gan..
    Ukuran kawat setiap gulungan harus sama ya gan, misal lilitan 900 pakai kawat 0.18 lilitan 500 pakai kawat 0.15 dan lilitan 200 pakai kawat 0.12 itu nasib dinamo bagaimana gan..
    Mohon bantuannya gan..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap gulungan harus sama...tks
      saya belum coba dengan kawat yang berbeda.

      Hapus
  16. thaks info sangat bermanfaat ntr gua coba dulu low gagal mohon di bantu ya mas trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu nanti kalo gagal kita bantu tks...

      Hapus
  17. Jumlh gulungannya brp y smua nya

    BalasHapus
  18. mau nanya boss
    kawat yang pertama (kawatyang dobel 3) kedalam tran kipas angin
    kawat yg mana ya boss..
    maaf boss masih pemula blm paham bener..
    terima kasih....

    BalasHapus