Rabu, 02 Februari 2011

Rangkaian Listrik Pompa Air

Rangkaian Listrik pompa air terdiri dari beberapa bagian antara lain:

Box Terminal, berfungsi untuk melindungi rangkaian listrik atau sambungan kabel-kabel dari pengaruh luar, seperti air atau benturan benda lain. Pada box terminal terdapat sambungan kabel dari dinamo/motor, kapasitor, dan kabel dari steker listrik.

Kapasitor, berfungsi untuk starting pertama saat pompa air di hidupkan, setelah pompa air berputar penuh aliran listrik ke kapasitor akan terputus dengan sendirinya, jika kapasitor terlalu lama dialiri listrik akan menyebabkan panas dan akan menyebabkan kerusakan. Besar atau ukuran kapasitor biasanya disebut mikrofarad(mF atau uf) besaran kapasitor untuk pompa air tergantung besarnya pompa air, umumnya 8mF, 12mF, 16mF.

Kabel, berfungsi untuk meneruskan arus listrik ke motor penggerak, kabel yang dikeluarkan dari motor pompa air biasanya tiga buah, walaupun ada yang memakai empat, tapi rata-rata pompa air memakai tiga buah karena sambungan dibikin didalam lilitan kawat pompa air. Kabel yang dipakai umumnya berwarna merah, putih, dan hitam. Kabel warna merah menghubungkan kapasitor dengan lilitan Sub coil, kabel hitam menghubungkan sub coil dan main coil, yang melewati termostat/protector. kabel warna putih dihubungkan dari kapasitor dan main coil. Seperti diagram dibawah ini.

3 komentar:

  1. lo boleh tau ukuran kapasitor buat dinamo listrik 1 tenaga kuda brp Ya gan

    BalasHapus
  2. pak afrizel tolong aku dikirimi cara2 gulung pompa air, tolong yang komplit biar bisa kupelajari. Thank's sebelumnya. metingbroe@gmail.com

    BalasHapus
  3. mohon untuk dikirimi cara2 menggulung pompa air ke alamat rt03rw01@gmail.com....terima kasih sebelumnya

    BalasHapus