Minggu, 21 November 2010

DPD Jam'iyyatul Islamiyah Gelar Silaturahmi Nasional

Dialog Dengan Berbagai Tokoh

JAMBI - Bertempat di gedung pertemuan ACC Abadi Suite Hotel Minggu 7 Pebruari 2010, di gelar pertemuan Silaturrahim Nasional  DPD Jam`iyyatul Islamiyah Provinsi Jambi bersama Majelis Ulama Indonesia dan para Akademisi, dengan Tema. Pada pertemuan tersebut tema yang diangkat yakni, “ Silaturahim Nasional, Ceramah Agama dan Dialog Kaum Intelektual Islam dan Mengenal Lebih Dekat Jam`iyyatul Islamiyah”. Sebagai penceramah dan pembicara Tunggal pada acara ini di hadirkan Ketua Umum DPP Jam`iyyatul Islamiyah Dr.H.Aswin Rose dari Jakarta, dan sebagai Moderator Dialog dipandu  oleh   Dr Tasmin Tangaggareng, MA dari Universitas Alauidin Makasar. Sedangkan untuk pimpinan acara dipimpin oleh Gatot Budi Utumo dari Jakarta.
Sekretaris DPD Jam`iyyatul Islamiyah Provinsi Jambi Drs H M Naswir, MSi (Dosen Kimia dari Universitas Jambi), menjelaskan jumlah  peserta yang hadir lebih dari 950 orang. Peserta berasal dari berbagai utusan DPD Jam`iyyatul Islamiyah Tk.I Provinsi se Indonesia (450 orang) mulai dari Sumatera Utara, Pekan Baru, Sumbar, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jogjakarta, DKI Jakarta, Kalimantan , Kerinci, Batam, Kepri , Sulawesi Selatan dan  daerah lainnya termasuk dari negara jiran tetangga Malaysia dan Singapura.
‘’Dialog DPD Jam`iyyatul Islamiyah Provinsi Jambi mengundang para guru besar IAIN STS Jambi, Universitas Jambi, Universitas Batanghari dan unsur Muspida Provinsi dan kota dan tokoh masyarakat dan ormas ormas Islam dan pengurus masjid, pesantern  yang ada di kota Jambi termasuk dari kabupaten Kerinci dan tamu kehormatan dari luar daerah. acara tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jambi yang diwakili oleh Asisten Ahli Guburnur Jambi  Dr H Said Syekh,’’ tuturnya.
 Dalam sambutan Gubernur Jambi, dia menyampaikan penghargaan kepada DPD Jam`iyyatul Islamiyah Provinsi Jambi yang sudah mampu melaksanakan sudah kegiatan yang merupakan bentuk kepedulian yang ikhlas terhadap permasalahan yang dihadapi umat dalam masa-masa sulit ini. Ini dengan tujuan mengajak berbuat kebaikan dan mencegah kemungkaran, kegiatran ini dipandang beliau sangat positif untuk diadakan dalam menciptakan ukhuwah basyriah dan ukhuwah bathiniah.
Hal ini sejalan Visi dan Misi Organisasi Jam`iyyatul Islamiyah yang disampaikan oleh Ketua DPD Jam`iyyatul Islamiyah Provinsi Jambi Drs H M Sajidin Ramli , menyebutkan bahwa visi misi organisasinya yakni membangun manusia yang mempunyai karakteristik sebagai umat mulia (QS 2/143; 3/110). Sedangkan misi organisasi Jam`iyyatul Islamiyah adalah  menciptakan hidup yang stabil dan selaras secara konsisten dengan penuh kasih sayang  yaitu saling sayang menyayangi satu sama lain (QS 25/63-77; 48/29). ‘’Juga menjadikan hamba2 yang saleh, beriman dan bertaqwa kepada Allah serta dapat menjadi pimpinan (QS 21/105,107),
‘’Diharapkan juga memiliki kecerdasan Intelektual dan spiritual tanpa intervensi emosional (QS 9/23; 30/29;  25/43-44;  45/23),’’ terangnya.
Mewujudkan pendidik dalam ketauladanan yang baik contoh mencontohkan satu sama lain (QS 94/7,8 hadist:”ibda’ binafsikum”  QS 3/79). Selanjutnya juga menjelaskan, dasar dari Pendirian Organisasi Jam`iyyatul Islamiyah ini adalah berdasarkan kepada Tujuan dilahirkannya Nabi Muhammad saw: untuk memperbaiki budi dan akhlak manusia (HR. Akhmad, riwayat Abu Hurairah) dan mengembalikan hakekat  yang telah hilang serta menyatakan ketinggian wanita dari laki-laki.
 Dalam jumpa pers Ketua Panitia Silalaturahim Nasional  DPD Jam`iyyatul Islamiyah Provinsi Jambi Dr H Yuliza Kaswendi, MKes bersama Sekretaris Panitia H Jumanto SH, menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan silaturahim yang kokoh antar umat islam, supaya umat islam
‘’Bagi orang yang ingin bersillaturahim,yang mau mendalami agama dan mengenal lebih dekat Jam`iyyatul Islamiayah kita sangat terbuka untuk itu, silahkan datang ke Sekretariat dan Balai Pengajian DPD Jamiyyatul Islamiyah Provinsi Jambi yang beralamat Jl.Sunan Ampel Rt 4 No.21 Pal V Kelurahan Sukakarya Kota Jambi Telp.( 0741)-444515 atau datang langsung ke sekretariat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jam`iyyatul Islamiyah Masjid Baiti Jamak Islamiyah Jl.Al-Husna Komp.Cikunir No.35 A Rt.02/01 Kel. Jati Kramat  Kec.Jati Asih Kota Bekasi Telp.(021)84973070,’’ terangnya.
(rid/)JE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar