Senin, 21 Maret 2011

Cara Kerja Motor Pompa Air


Prinsip  kerja motor pompa air terjadi ketika kutup-kutup dari stator (bagian dari motor pompa air yang diam atau tidak bergerak seperti kern, lilitan, isolator dan casing cover) dan  rotor ( bagian yang berputar pada pompa air) yang senama mendekat, sehingga terjadilah peristiwa tolak-menolak dan rotor berputar. Kutup rotor menghampiri kutup stator yang tidak sejenis, sehingga rotor tertarik. Ketika kutup dari rotor dan stator yang berlainan mulai mendekat, ini akan mengakibatkan perubahan arus. Arus yang semula negatif akan berobah menjadi positif, begitu juga sebaliknya. Perubahan ini akan mengakibatkan perubahan kutup-kutup magnet pada stator. Kutup yang berbeda dengan rotor, berubah menjadi kutup yang sama dengan rotor, sehingga akan menjadi tolak-menolak, dan rotor akan menjadi berputar kearah yang berlainan. Peristiwa ini akan menyebabkan rotor berputar secara terus menerus yang sangat cepat sehingga rotor akan terus berputar.
==========================

Sabtu, 19 Maret 2011

Skema Kipas Angin

Kipas angin yang mempunyai 3 kecepatan setelah dilakukan penyambungan setelah selesai digulung terdapat 
5 ujung kabel yang tersisa, unutk kipas angin merk Maspion biasanya menggunakan warna kabel putih  yang digabung dengan warna biru untuk api masuk dan dan kabel biru untuk salah satu kabel kapasitor.
Kabel warna merah untuk kecepan 1, warna kuning untuk kecepatan 2, dan warna hitam untuk kecepatan 3, kabel warna orange untuk ujung kapasitor yang satunya lagi. Seperti gambar di atas.
Semoga bermanfaat.

Kerusakan Kipas Angin


Jika kipas angin tidak bisa muter atau tidak berfungsi sebagai mana mestinya, berkemungkinan ada beberapa hal yang rusak :

-Kerusakan pada busing,

Kerusakan pada busing ini biasanya busingnya sudah haus atau longgar, jika hal ini terjadi busing harus diganti dengan yang baru, karena jika busing longgar tidak akan dapat berfungsi dengan sempurna atau as nya menjadi goyang, sehingga waktu dihidupkan akan terjadi pergeseran antara armatur dengan kernnya dan mengakibatkan putaran tidak sempurna dan menjadi panas.
Pada busing ini juga sering terjadi lengket antara as dan busingnya sehingga putarannya menjadi berat , biasanya ini disebabkan karena banyak kotoran, bersihkan dengan menggunakan bensin, beri sedikit greas / pelumas, periksa apakah putarannya sudah lancar.

-Arus Listrik tidak Masuk,

Periksa kabel colokan, apakah ada yang putus, jika rusak ganti atau sambung dibagian yang putus, jika bagus, periksa kabel yang terdapat pada spul, pada gulungan spul terdapat 6 kabel yang berlainan warna, periksa satu-persatu dengan menggunakan multi tester, semua kabel saling berhubungan, periksa terlebih dahulu kabel yang berwarna putih dengan biru, karena kabel putih ini merupakan kabel untuk arus listrik yang masuk yang digabung dengan kabel biru yang terlebih dahulu dipasang termostat / sekring, biasanya termostatnya sering putus, jika ia ganti dengan yang baru.
Selanjutnya periksa kabel yang lain apakah ada yang putus, jika ia periksa dibagian kabel mana yang tidak nyambung.
Jika kabel spul anda yang hangus, terpaksa harus digulung ulang.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

============================

Sabtu, 12 Maret 2011

Teknik membuat Lilitan Pompa Air





Persiapan

- Lepaskan Kern dari casing cover, dengan menggunakan palu dan batang besi.
- Lepaskan masing-masing lilitan pada lubang kern dengan cara memotongnya dengan gunting atau tang pemotong.
- Lepaskan Isolator.

Membuat Lilitan

- Siapkan kawat tembaga sesuai ukuran dengan pompa air yang rusak.
- Buatlah lilitan kawat tembaga dengan menggunakan mesin penggulung / conter, sesuaikan jumlah lilitan dengan aslinya dengan cara menghitungnya terlebih dahulu.
- Pasang Isolator yang terbuat dari plastik mika.
- Pasangkan gulungan kawat tembaga pada masing-masing hole yang telah dipasangi isolator dari     prespan mika / plastik mika, Pasang sesuai aslinya.
- Setelah semua terisi, rapikan dengan menggunakan palu kayu atau palu plastik.
- Batas antara lilitan sub coil dan main coil dengan plastik mika.
- Lumasi lilitan yang telah selesai dengan Insulating Vernis Merk Hitachi, agar lilitan lebih tahan terhadap panas.
=================================

Rabu, 09 Maret 2011

BBM jenis Premium Langka di Riau


Di Riau sekarang ini bukan saja harimau yang langka, melainkan BBM jenis premium pun ikut langka, kelangkaan BBM ini terjadi empat hari belakangan ini. Banyak masyarakat terlihat antri di sebuah SPBU di Perawang , mereka rela antri berjam-jam hanya untuk mendapatkan Bensin. Nampaknya BBM jenis Premium ini perlu di lestarikan untuk menghindari kelangkaan sebagai mana melestrarikan hewan-hewan langka yang ada di Riau.

Kamis, 03 Maret 2011

Reparasi Ferry Maredan





Karyawan Marine Transport PT.Arara Abadi melakukan reparasi ferry maredan, nampak Jefrimon lagi mengoperasikan forklif untuk mengangkat pintu ramdoor fery meridan.

Creane dibiarkan rusak beberapa bulan



12992235202455427
1299223485491405878Sayang alat berat yang harganya ratusan juta dibiarkan rusak selama beberapa bulan, nampak pada gambar sling angkat crean tersebut telah ditumbuhi rumput liar yang menjalar keatas, pemilik merupakan perusahaan HTI terbesar di Riau, hanya pengurusnya lah yang tau ada apa dengan creane tersebut.