Sabtu, 19 Maret 2011

Kerusakan Kipas Angin


Jika kipas angin tidak bisa muter atau tidak berfungsi sebagai mana mestinya, berkemungkinan ada beberapa hal yang rusak :

-Kerusakan pada busing,

Kerusakan pada busing ini biasanya busingnya sudah haus atau longgar, jika hal ini terjadi busing harus diganti dengan yang baru, karena jika busing longgar tidak akan dapat berfungsi dengan sempurna atau as nya menjadi goyang, sehingga waktu dihidupkan akan terjadi pergeseran antara armatur dengan kernnya dan mengakibatkan putaran tidak sempurna dan menjadi panas.
Pada busing ini juga sering terjadi lengket antara as dan busingnya sehingga putarannya menjadi berat , biasanya ini disebabkan karena banyak kotoran, bersihkan dengan menggunakan bensin, beri sedikit greas / pelumas, periksa apakah putarannya sudah lancar.

-Arus Listrik tidak Masuk,

Periksa kabel colokan, apakah ada yang putus, jika rusak ganti atau sambung dibagian yang putus, jika bagus, periksa kabel yang terdapat pada spul, pada gulungan spul terdapat 6 kabel yang berlainan warna, periksa satu-persatu dengan menggunakan multi tester, semua kabel saling berhubungan, periksa terlebih dahulu kabel yang berwarna putih dengan biru, karena kabel putih ini merupakan kabel untuk arus listrik yang masuk yang digabung dengan kabel biru yang terlebih dahulu dipasang termostat / sekring, biasanya termostatnya sering putus, jika ia ganti dengan yang baru.
Selanjutnya periksa kabel yang lain apakah ada yang putus, jika ia periksa dibagian kabel mana yang tidak nyambung.
Jika kabel spul anda yang hangus, terpaksa harus digulung ulang.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

============================

2 komentar:

  1. Terima kasih iNfonya. boleh nanya?
    Saya mengganti motor kipas angin dengan yang baru.. hasilnya kipas muter berlawanan dengan jarum jam. Apa penyebabnya y? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada motor kipas angin terdapat 6 buah kabel yang keluar dari spull...2 untuk kapasitor,biasanya kabelnya warna orange dan biru (kalo merk maspion), yang 4 lagi warna putih, merah kuning, dan hitam.
      Warna putih untuk Nol.
      Warna Merah untuk speed 1
      warna kuning untuk speed 2
      warna hitam untuk speed 3

      Kalau salah pasang pada kabel nolnya putaran akan terbalik, dan menyebabkan amper tinggi dan kipas akan terbakar.

      Kalau pasang motoran baru tnyakan sama yg jual yang mana kabel nolnya..supaya nggak salah pasang.

      Tks..

      Hapus